google adsense

Monday, August 7, 2017

Sumber Daya Keluarga

A.    Konsep Dasar Sumber Daya Keluarga
      Menurut Juniati (2008), sumber daya adalah alat atau bahan yang tersedia dan diketahui potensinya untuk memenuhi keinginan. Terdapat 3 asumsi dasar dalam mempelajari sumber daya keluarga (SDK) yaitu:
1.      SDK tidak hanya terdapat di dalam keluarga sendiri tetapi juga terdapat di berbagai lingkungan sekitar keluarga
2.      Kondisi dari sumber daya merupakan elemen dari sistem yang dapat mendorong atau menghambat pencapaian tujuan keluarga
3.      Perubahan salah satu sumber daya akan berpengaruh pada sumber daya lainnya dalam sistem keluarga.

B.     Pengertian Manajemen Sumber Daya Keluarga
      Manajemen adalah perencanaan dan pelaksanaan sumber daya untuk mencapai keinginan atau tujuan. Sedangkan manajemen sumber daya keluarga adalah penggunaan sumber daya keluarga dalam usaha atau proses mencapai suatu tujuan yang dianggap penting oleh keluarga (Juniarti, 2008)
      Manajemen sumber daya keluarga merupakan suatu bidang ilmu / pengetahuan yang mempermasalahkan dan memberi petunjuk tentang cara-cara mengendalikan dan menyelesaikan segala macam pekerjaan rumah tangga sehari-hari (Setiawati)
      Tujuan manajemen sumberdaya keluarga adalah untuk mencapai keluarga sejahtera, dengan mengelola dan mengatur kehidupan keluarga agar terpenuhinya kebutuhan anggota keluarga secara seimbang, baik kebutuhan fisik maupun kebutuhan mental dan sosial psikologis atau kebutuhan materiil dan non materiil (Setiawati)

C.    Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Sumber Daya Keluarga
      Juniati (2008) menjelaskan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi manajemen sumber daya keluarga yaitu:
1.      Kompleksitas kehidupan keluarga. Kehidupan keluarga yang sangat kompleks memerlukan gaya manajemen yang berbeda daripada keluarga yang memiliki masalah tidak terlalu kompleks
2.      Stabilitas/ketidakstabilan keluarga. Keluarga yang stabil cenderung dapat melakukan manajemen sumber daya keluarga dengan lebih baik karena semua anggota keluarga dapat difokuskan untuk melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan.
3.      Peran dan Perubahan Keluarga. Manajemen sumber daya keluarga juga dipengaruhi oleh peran masing-masing anggota keluarga di masyarakat dan juga oleh perubahan dalam keluarga, misalnya adanya keluarga yang meninggal atau baru lahir.
4.      Teknologi. Dengan teknologi yang sudah semakin canggih, keluarga dapat melakukan manajemen sumber dayanya dengan lebih terarah.

D.    Sistem Manajemen Sumber Daya Keluarga
      Sistem manajemen sumber daya keluarga tergantung pada sistem keluarga itu sendiri. Sistem keluarga terdiri dari 2 subsistem yaitu :
1.      Sistem personal. Sistem ini berperan dalam menerima masukan dari kekuatan eksternal dan mengklarifikasi nilai, menumbuhkan kapasitas individual dari seluruh anggota keluarga.
2.      Sistem manajerial yang terdiri dari masukan, proses, keluaran dan umpan balik.

E.     Proses Manajemen Sumber Daya Keluarga
      Proses manajemen sumberdaya keluarga terdiri dari masukan, proses, keluaran, dan umpan balik.
1.      Input (masukan)
      Input dalam sumber daya keluarga meliputi benda, energi, dan atau informasi yang memasuki sistem dalam berbagai bentuk untuk mempengaruhi proses dalam mencapai hasil atau keluaran. Input atau masukan untuk keluarga adalah:
a.       Tuntutan: tujuan atau kejadian yang memerlukan tindakan
b.      Sumber-sumber: alat atau kemampuan yang dimiliki untuk memenuhi tuntutan yang terdapat pada keluarga karena adanya tujuan dan kejadian
2.      Proses
      Proses adalah transformasi benda, energi dan atau informasi oleh suatu sistem dari masukan sampai keluaran.
3.      Output
      Output meliputi benda, energi dan atau informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem dalam respon terhadap input dari proses transformasi. Output dari sistem manajerial adalah respon terhadap tuntutan dan perubahan sumber-sumber.
4.      Umpan Balik
      Umpan balik adalah bagian dari output yang memasuki suatu sistem sebagai input untuk mempengaruhi output yang telah ada.

F.     Sifat Manajemen SDK
1.      Interdisplin
2.      Unik
3.      Aplikasi lintas budaya dan internasional

G.    Klasifikasi SDK
      Guharja (1993), menjelaskan bahwa berdasarkan jenisnya sumber daya keluarga terdiri dari:
1.      Sumber daya manusia.
      Menurut Juniarti (2008), sumber daya ini memiliki dua ciri, yaitu Personal dan Interpersonal. Ciri personal antara lain:
a.       Kognitif; terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menganalisis, mensintesis dan mengevaluasi. Kegunaan suber daya ini antara lain untuk:
1)      Mengidentifikasi hal-hal yang menyangkut sumber daya.
2)      Menganalisis alternatif-alternatif dalam pengambilan keputusan
3)      Mengevaluasi kemungkinan yang relistis untuk mencapai tujuan
b.      Afektif; beberapa kegunaan dari sumber daya ini adalah untuk menumbuhkan rasa percaya, meningkatkan kerjasama & gotong royong serta menciptakan rasa berguna.
c.       Psikomotor; status kesehatan, bakat, tingkat intelegensia, minat, sensitivitas.
      Sedangkan ciri interpersonal mencakup HAM, kerjasama/gotong royong dan keterbukaan antar personal dalam kaitannya dengan pengembangan.
2.      Sumber daya Non Manusia / Materi
      Sumber daya non manusia atau sumber daya materi merupakan benda-benda yang mempunyai kegunaan pada individu dan keluarga dalam mencapai tujuan. Sumber daya materi ini dapat berupa benda / barang serta aset keluarga (barang tahan lama , barang habis pakai) dan jasa.
3.      Sumber daya waktu
      Menurut Juniarti (2008), sumber daya waktu bersifat unik karena tidak dapat ditambah atau dikurangi, diakumulasi atau disimpan, setiap manusia memiliki sumber daya waktu yang sama yaitu 24 jam.

      Ketiga jenis sumber daya ini merupakan satu kesatuan sumber daya total yang dimiliki oleh suatu keluarga dan merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan keluarga yang diinginkan. Dalam kaitannya dengan tujuan keluarga, maka sumber daya tidak berdiri sendiri. Masing-masing jenis sumber daya saling berkaitan erat antara satu dengan yang lainnya, dimana secara keseluruhan digunakan dalam perencanaan keluarga yang kemudian diterapkan dalam pelaksanaan dalam mencapai suatu tujuan (Guharja. 1993, p. 37)
      Juniarti (2008) juga menjelaskan beberapa jenis sumber daya keluarga berdasarkan nilai ekonomi yaitu:
1.      Sumber daya ekonomi (Home economics)
      Sumber daya yang dapat dipertukarkan dan diukur bukan hanya untuk tujuan konsumsi tetapi untuk proses produksi dan distribusi seperti lahan, tenaga kerja, modal, keterampilan dan segala sesuatu yang ada di dalam dan diluar keluarga yang bermanfaat.
2.      Sumber daya non ekonomi : jumlahnya relatif terbatas, tidak dapat dipertahankan sulit diukur.

      Menurut Juniarti (2008), sumber daya juga dapat dikelompokkan berdasarkan asal dan letaknya, yaitu:
1.      Sumber daya mikro (internal); dapat berbentuk fiisik dan non fisik seperti tingkat pendidikan/pengetahuan, ketarampilan, tingkat pendapatan, lahan, status gizi dan kesehatan, ketersediaan waktu luang, tata nilai/agama, serta hubungan dengan keluarga lain.
2.      Sumber daya makro (eksternal); dapat berupa sumber daya pada lingkungan (sanitasi, potensi SDA, kesempatan usaha, tata nilai masyarakat, fasilitas pendidikan, ekonomi dan fasilitas lain).

H.    Penggunaan Sumber Daya
      Guhardja (1993) menjelaskan bahwa setiap sumber daya yang masuk dalam sistem keluarga akan digunakan dalam beberapa alternatif tindakan oleh keluarga. Berbagai bentuk penggunaan sumber daya tersebut meliputi:
1.      Pertukaran
      Dapat terjadi di dalam keluarga atau dengan orang lain, sebagai contoh antara kakak dengan adik, antara keluarga dengan tetangga. Sumber daya yang dapat dipertukarkan bermacam-macam. Hasil dari pertukaran ini dapat menyebabkan berkurangnya suatu sumber daya yang lain. Dapat pula diperoleh sumber daya yang lebih besar dari yang diberikan atau lebih kecil atau tetap nilainya. Jika nilai tukar ini menjadi kecil maka diperlukan usaha untuk mengembangkan sumber daya yang ditukarkan itu menjadi lebih berkualitas agar mempunyai nilai tukar yang lebih tinggi. Adapun pertukaran antara waktu dan jasa sukar untuk diukur karena keduanya tidak berwujud. Sebagai contoh, penggunaan waktu untuk bekerja, kemudian dari penggunaan itu diperoleh imbalan. Imbalan itu bukan semata-mata merupakan nilai dari waktu yang dipertahankan, tetapi sumber daya lain pun ikut berperan (Guhardja, 1993, p. 20)
2.      Konsumsi
      Konsumsi merupakan pemakaian sumber daya melalui fungsi utilitas. Konsumsi akan mengurangi sumber daya bahkan menghabiskannya. Salah satu tujan kegiatan konsumsi ini adalah untuk peningkatan kualitas kehidupan keluarga (Guhardja, 1993, p. 20)
3.      Proteksi
      Pengurangan sumber daya untuk mengurangi faktor risiko yang tidak diharapkan. Proteksi ini dapat bersifat formal yaitu melalui suatu perusahaan jasa asuransi, misalnya, untuk asuransi jiwa, kesehatan dan asuransi tenaga kerja. Selain itu, proteksi juga dapat dilakukan secara tidak formal yaitu dilakukan sendiri tanpa melalui perusahaan jasa asuransi, misalnya dengan cara: menukar uang rupiah dengan dolar, memberi barang-barang setelah mendengar isu bahwa akan ada devaluasi. Melalui proteksi ini pada suatu saat sumber daya yang terkena resikoakan dimiliki kembali (Guhardja, 1993, p. 22)
4.      Transfer
      Transfer adalah kegiatan yang dapat mengurangi sumber daya keluarga. Transfer satu arah yang terjadi dalam keluarga tidak akan mengurangi sumber daya keluarga secara keseluruhan. Misalnya, seorang kakak memeberi sesuatu kepada adiknya, maka dilihat dari segi keluarga sumber daya itu tidak akan berkurang. Transfer satu arah yang terjadi antar keluarga dapat mengurangi sumber daya keluarga yang satu namun akan menambah sumber daya keluarga yang lain (Guhardja, 1993, p. 22)
5.      Produksi
      Produksi adalah penggunaan sumber daya untuk menghasilkan suatu barang. Sebagai contoh, usaha tani merupakan usaha produksi yang menghasilkan bahan makanan dana bahan industri untuk kepentingan kehidupan manusia. Sedangkan sumber daya yang digunakan dalam usaha tani disebut faktor produksi (Guhardja, 1993, p. 22)
6.      Tabungan
      Tabungan dalah sumber daya yang disimpan untuk dikonsumsi di masa yang akan datang. Menabung berarti menangguhkan penggunaan sumber daya yang dikonsumsi saat ini. Tabungan yang dilakukan oleh keluarga biasanya dalam bentuk uang, tanah, perhiasan dan ternak (Guhardja, 1993, p. 23)
7.      Investasi
      Investasi merupakan penggunaan sumber daya untuk diproses lebih lanjut agar memperoleh nilai tambah. Sebagai contoh, adalah penanam modal dalam suatu usaha. Dalam menginvestasikan modalnya, keluarga akan memperoleh hasil setelah melewati periode tertentu. Pada umumnya perusahaan membagikan hasil keuntungan setahun sekali (Guhardja, 1993, p. 23)
      Penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh keluarga harus efektif fan efesien. Secara efektif dalam arti bahwa sumber daya yang digunakan benar-benar diarahkan untuk mencapai sasaran atau tujuan. Sedangkan secara efesien dalam arti bahwa, dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki diusahakan untuk mencapai kepuasan yang setinggi-tingginya (Guhardja, 1993, p. 23) 

I.       Cara mengukur Sumber Daya
      Juniarti (2008), menjelaskan bahwa sumber daya keluarga dapat diukur dengan ukuran:
a.       Uang : untuk mengukur Sumber daya materi & potensi manusia (gaji, pekerjaan)
b.      Waktu : untuk mengukur berapa banyak waktu yang tersedia dan dimanfaatkan oleh keluarga

      Guhardja (1993),  juga menjelaskan bahwa untuk memudahkan dalam perbandingan  serta pengalokasian sumber daya, maka dibutuhkan suatu dasar umum dalam pengukuran sumber daya. Beberapa cara mengukur tersebut yaitu:
a.       Uang
      Uang merupakan suatu sumber daya dan sekaligus dapat dijadikan sebagai alat pengukur/ ukuran dari sumber daya. Hal ini dikarenakan uang dapat memudahkan  untuk membandingkan berbagai macam sumber daya non manusia/ materi melalui nilai pasar atau harga. Semakin tinggi nilai pasar suatu barang, maka semakin tinggi tingkat harga dan secara otomatis semakin besar jumlah uang yang harus dikeluarkan/ dikorbankan untuk mendapatkan sumber daya tersebut (Guhardja, 1993, p. 24)
      Selain mengukur sumber daya non manusia/ materi, uang juga dapat digunakan sebagaipengukur potensi manusia dengan cara menilai pengetahuan, keteramoilan dan sifat kognitif yang lain yang kemudian didekati dengan nilai uang dan direalisasikan dalam bentuk gaji atau upah kerja (Guhardja, 1993, p. 24)
b.      Waktu

      Waktu merupakan sumber daya yang tidak dapat ditambah, diakumulasi atau diganti. Sumber daya waktu yang dipunyai oleh setiap orang adalah sama yaitu sebesar 24 jam sehari. Pada masyarakat yang telah maju dengan tingkat ekonomi yang tinggi, sumber daya waktu relatif sangat terbatas dan lebih dianggap sebagai kendala dibandingkan dengan masyarakat yang kurag maju. Hal ini dapat dimengerti karena pada masyarakat maju, banyak kegiatan yang harus diselesaikan. Setiap individu dituntut untuk produktif, sehingga menuntut adanya efesiensi penggunaan waktu dalam penyelesaian pekerjaan (Guhardja, 1993, p. 24)

No comments:

Post a Comment

Komentar yang diharapkan membangun bagi penulis, semoga bermanfaat