google adsense

Tuesday, September 9, 2014

MODEL SEHAT-SAKIT (PEJAMU,HOST,AGEN)

Model sehat dan sakit (agens pejamu lingkungan) berasal dari kerja kesehatan komunitas yang dilakukan oleh leavell et al (1995) dan sejak saat itu dikembangkan menjadi sebuah model untuk menggambarkan penyebab sakit pada area kesehatan yang lain. Terbagi dalam tiga hubungan, yaitu agens, pejamu, dan  lingkungan (Potter & Perry, 2005).
1.      Agens adalah faktor internal dan eksternal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit atau sakit, agens dapat bersifat biologis, kimia, fisik, mekanis atau psikososial.
2.      Pejamu ialah seseorang atau sekelompok yang rentan terhadap penyakit tertentu dan disebabkan oleh beberapa faktor seperti riwayat keluarga, usia dan gaya hidup pejamu.
3.      Lingkungan adalah keseluruhan fenomena yang mempengaruhi perkembangan, kepercayaan, dan perilaku klien.Lingkungan  ada2 macam, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial.Lingkungan fisik seperti tingkat ekonomi, iklim,kondisi tempat tinggal,dan beberapa elemen seperti penerangan dan kebisingan. Sedangkan, lingkungan sosial terdiri dari interaksi antara seseorang atau kelompok dengan orang lain atau dengan kelompok lain (Potter & Perry, 2005).
Model agens pejamu lingkungan ini menyatakan bahwa sehat-sakit ditentukan oleh interaksi yang dinames dari ketiga variable tersebut.Model ini pertama kali dikembangkan oleh Peszneceker (1984) dan baru-baru ini laporan Berne et al (1990) megemukakanbahwa respons yang dapat meningkatkan kesehatan ataupun merusak berasal dari interaksi antara seseorang atau sekelompok org dengan lingkungannya.Contohnya para gelandangan yang memiliki tingkat kesehatan yang berbeda berdasarkan pengaruh lingkungan (stressor atau agens).Misalnya tindak kejahatan yang tidak adekuat. Bila suatu bentuk pelayanan kesehatan baru diperkenalkan kedalam suatumasyarakat dimana faktor-faktor budaya masih kuat. Biasanya dengan segera mereka akan menolak dan memilih cara pengobatan tradisional sendiri.Banyak teori yang dikemukakan para ahli mengenai timbulnya penyakit.Dewasa ini dikenal tiga proses terjadinya penyakit, sebagai berikut:

a.       Segitiga Epidemiologi (the epidemiologic triangle)
Menurut model ini, apabila ada perubahan dari salah satu factor, maka akan terjadi perubahan keseimbangan di antara mereka, yang berakibat akan bertambah atau berkurangnya penyakit yang bersangkutan.
1.        Jaringan – jaringan sebab akibat (The web of causation)
Menurut model ini, bahwa suatu penyakit tidak tergantung kepada suatu sebab yang berdiri sendiri-sendiri, melainkan sebagai akibat dari serangkaian proses sebab akibat.dengan demikian timbulnya suatu penyakit dapat di cegah atau dihentikan dengan memotong mata rantai di berbagai faktor.
Hubungan antara penjamu, agent, dan lingkungan menimbulkan penyakit kompleks, karena ketiga faktor ini saling mempengaruhi, penjamu, agent, dan lingkungan saling berlomba untuk menarik keuntungan dari lingkungan.Hubungan anatar ketiganya diibaratkan sebagai timbangan.Dimana bibit penyakit dan penjamu berada di masing-masing ujung tuas, sedangkan lingkungan sebagai penumpunya.
Seorang berada dalam keadaan sehat apabila tuas penjamu berada dalam keadaan seimbang dengan tuas bibit penyakit, sebaliknya bila bibit penyakit berhasil menarik keuntungan dari lingkungan maka orang itu akan berada dalam keadaan sakit.
Untuk lebih jelas digambarkan sebagai berikut.

1.      Pejamu (host). Pejamu adalah semua faktor yang terdapat pada diri manusia yang dapat mempengaruhi dan timbulnya suetu perjalanan penyakit. Faktor-faktor yang dapat menimbulkan penyakit pada penjamu adalah:

a.       Daya tahan tubuh terhadap penyakit. Daya tahan tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh kecukupan gizi, aktifitas dan istirahat. Apabila seseorang hidup secara teratur dengan memelihara higiene personal dengan baik serta dapat memenuhi kebutuhan gizinya sesuai dengan aturan kesehatan maka ia akan memiliki daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit.
b.      Genetik. Ada beberapa penyakit keturunan yang dapat ditularkan dari kedua orang tua, misalnya penyakit diabetes melitus, asma bronkiale dan sebagainya.
c.       Umur. Penyakit dapat menyerang seseorang pada umur-umur tertentu, misalnya: penyakit morbili, difteria bannyak menyerang anak-anak.
d.      Jenis kelamin. Ada beberapa penyakit tertentu hanya menyerang jenis kelamin tertentu, misalnya: kanker payudara banyak ditemukan pada wanita, sedangkan kanker prostat diderita oleh pria.
e.       Adat kebiasaan. Kebiasaan-kebiasaan buruk seseorang merupakan ancaman kesehatan bagi orang tersebut, sebagai contoh:
a.       Seseorang yang kurang dapat memelihara higiene personalnya, seperti kulit,  gigi dan mulut, rambut akan mudah untuk terserang penyakit.
b.      Kebiasaan merokok akan dapat menimbulkan penyakit kanker paru-paru.
c.       Kebiasaan minum minuman keras akan dapat menimbulkan penyakit lever.
f.       Ras. Ada beberapa ras tertentu yang diduga lebih sering menderita beberapa penyakit tertentu, penyakit hemofili banyak ditemukan pada orang Eropa.
g.      Pekerjaan. Situasi pekerjaan tertentu akan dapat enimbulkan penykit tertentu, misalnya orang bekerja di pabrik asbes kemungkinan besar akan menderita penyakit asbestosis, dan para manager perusahaan sering mengalami stres daripada bawahannya.
2.      Agens Adalah sesuatu substansi tertentu yang keberadaaannya atau ketidakberadaannya dapatv menimbulkan penyakit atau mempengaruhi perjalanan suatu penyakit. Golongan yang dapat menimbulkan penyakit adalah:
1.      Golongan biologic. Yang termasuk dalam golongan biologic yang banyak menimbulkan penyakit adalah mikroorganisme seperti virus, bakteri, riketsia, sedangkan yang bukan termasuk golongan mikroorganisme yang banyak menimbulkan penyakit adalah cacing, protozoa, sedangkan yang termasuk golongan tumbuh-tumbuhan adalah jamur.
2.      Golongan gizi. Gizi sangat penting artinya untuk kehidupan manusia, untuk mempertahankan hidupnya manusia memerlukan berbagai unsure gizi yang sangatv diperlukan diantaranta protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Mengenai kebutuhan gizi ini disesuaikan dengan kebutuhan seseorang dan setiap orang tidak sama kebutuhannya. Jika seseorang mengalami kekurangan atau kelebihan gizi maka akan dapat menimbulkan penyakit.
3.      Golongan fisik. Yang termasuk golongan fisik adalah suhu yang terlalu tinggi atau rendah, suara yang terlalu bising, tekanan udara, kelembaban udara, radiasi atau trauma mekanis yang dialami seseorang yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Golongan fisik akan dapat menimbulkan penyakit apabila berada dalam keadaan luar biasa baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Misalnya suhu yang terlalu panas akan dapat menimbulkan heat stroke.
4.      Golongan kimia. Ada beberapa zat kimia yang dapat menimbulkan penyakit terhadap seseorang, baik yang berasal dari luar tubuh maupun dalam tubuh.Zat kimia yang berasal dari luar tubuh dapat berupa logam berat, bahan-bahan insektisida yang dapat membunuh serangga dan banyak lainnya.Sedangkan yang berasal dari dalam tubuh adalah hasil metabolism yang dapat dikeluarkantubuh misalnya urium yang seharusnya dikeluarkan melalui urine.
5.      Golongan mekanik. Golongan mekanik sering dikategorikan ke dalam gologan fisik, tetapi sesungguhnya golongan mekanik lebih banyak disebabkan oleh karena kelalaian manusia, seperti kecelakaan lalu lintas, pukulan, kecelakaan dalam pekerjaan dan sebagainya.
3.      Lingkungan (environment). Yang dimaksud dengan lingkkungan di sini adalah segala sesuatu yang berada disekitar manusia serta pengaruh-pengaruh luar yang mempengaruhi kehidupan dan perkembangan  manusia. Lingkungan dapat dibagi dalam 2 macam,yaitu:
1.      Lingkungan fisik. Yang merupakan lingkungan alamiah yang terdapat disekitar manusia, seperti:
a.       Cuaca
b.       Musim
c.       keadaan geografis
d.      struktur geologi
2.      Lingkungan nonfisik. Ada lingkungan yang muncul sebagai adanya interaksi antara manusia , seperti;
a.       keadaan social budaya dan ekonomi
b.      norma-norma yang berlaku
c.       nilai-nilai yang brlaku
d.      adat istiadat
3.      Lingkungan biologis. Adalah segala bentuk kehidupan yang berada di sekitar manusia seperti binatang,tumbuh-tumbuhan ,, juga termasuk mikroorganisme seperti kuman yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia. Peranan lingkungan yang dapat menimbulkan penyakit adalah reserviior bibit penyakit. Yang dimaksud dengan resevior disini adalah tempat hidupyang dipandan paling sesuai dengan bibit penyakit untuk perkembanga biakan. Disamping itu ada resevior bibit penyakit lainnya yang menjadi tempat berkembang biaknya bibit diantaranya adalah:
1.      Human ressevior Adalah bibit penyakit yang hidup dalam tubuh manusia.timbul atau tidak nya penyakit pada manusia tersebut akan sangat tergantung  kepada sifat bibit penyakit tersebut, dan sangat tergantung pula daya tahan tubuh manusia terhadap penyakit.
2.      Animal resevior Adalah bibit yang hidup dalam binatang , yang karena sesuatu dapat menyerang manusia. Antropode reservoir,bibit penyakit tersebut hidup dalam tubuh binatang yang termasuk  dalam kelompok antropode.
4.      Perjalanan penyakit. Perjalanan penyakit yang terjadi pada manusia dapat digolongan menjadi 5 tahap.Yaitu:
1.      Tahap pre-patogenesis Pada tahap ini telah terjadi interaksi antara penjamu dengan bibit penyakit, tetapi interaksi ini terjadi di luar tubuh manusia, dalam arti bibit penyakit berada di luar tubuh manusia dan belum masuk kedalam tubuh.Pada keadaan ini belum ditemukan adanya tanda-tanda penyakit dan daya tahan tubuh penjamu masih kuat dan dapat menolak penyakit.Keadaan ini disebut sehat.
2.      Tahap inkubasi. Tahap inkubasi adalah masuknya bibit penyakit kedalam tubuh penjamu, tetapi gejala-gejala penyakit belum nampak. Tiap-tiap penyakit mempunyai masa inkubasi yang berbeda, ada yang bersifat seperti influenza, penyakit kolera masa inkubasinya hanya 1-2 hari saja, tetapi ada juga yang bersifat menahun, misalnya kanker paru-paru, AIDS dan sebagainya.
3.      Tahap penyakit dini. Tahap penyakit dini dihitung mulai dari munculnya gejala-gejala penyakit, pada tahap ini penjamu sudah jatuh sakit tetapi masih dapat menjalankan aktifitas sehari-hari. Apabila pada tahap ini penyakit segera diobati mungkin penyakit akan dapat segera teratasi sehingga sembuh, tetapi apabila dibiarkan dan tidak segera diobati maka penyakit aka menjadi lebih parah. Dan keadaan ini sangat tergantung kepada daya tahan tubuh manusia itu sendiri, gizi, istirahat dan perawatan yang baik di rumah (self care).
4.      Tahap penyakit lanjut. Apabila penyakit pejamu bertambah parah, karena tidak diobati, atau pengobatannya tidak teratur dan tidak memperhatikan anjuran-anjuran yang diberikan pada tahap penyakit dini, maka penyakit masuk ke dalam tahap penyakit lanjut.Pada tahap ini pejamu kelihatan sangat tak berdaya dan tidak sanggup lagi menjalankan aktivitas sehari-hari.Pada tahap ini pejamu memerlukan perawatan dan pengobatan yang intensif.
5.      Tahap akhir penyakit. Ada dalam 5 keadaan, yaitu:
a.      Sembuh sempurna: artinya bentuk dan fungsi tubuh pejamu kembali berfungsi seperti keadaanya sebelumnya.
b.      Sembuh tetapi cacat: bebas dari penyakit, tetapi sembubh pejamu tidak sempurna, Karena terjadi cacat. Cacat pada pejamu dapat berupa cacat fisik, cacat mental, maupun cacat social dan sangat tergantung dari serangan penyakit terhadap organ-organ tubuh pejamu.
c.       Karier : Pada karier perjalanan penyakit seolah-olah terhenti, karena gejala-gejala penyakit tidak nampak lagi, tetapi dalam tubuh penjamu masih terdapat bibit-bibit penyakit yang pada satu saat apabila daya tahan tubuh penjamu menurun akan dapat kambuh kembali. Keadaan ini tidak hanya membahayakan penjamu sendiri, tetapi dapat berbahaya terhadap orang lain/masyarakat, karena dapat menjadi sumber penularan penyakit (human reservoir).
d.      Kronis : pada kedaan ini perjalanan penyakit nampak berhenti, tetapi gejala-gejala penyakit tidak berubah. Dengan kata lain tidak bertambah berat ataupun bertambah ringan. Keadaan ini penjamu masih tetap berada dalam keadaan sakit.
e.       Meninggal : Apabila keadaan penyakit bertambah parah dan tidak dapat diobati lagi, sehingga berhentinya perjalanan penyakit karena penjamu meninggal dunia. Keadaan ini bukanlah keadaan yang diinginkan.

REFERENSI : 

Wong, Doona L (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, 6th ed. Jakarta : EGC
Potter dan Perry (2005). Fundamental Keperawatan ed 4. Jakarta : EGC
Kozier, B. et al (2004).Fundamental Keperawatan.Jakarta : EGC
Aziz, Alimul (2004). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta :SalembaMedika

1 comment:

  1. makasih banyak atas artikelnya yaaaa, artikel anda sangat bermanfaat bagi saya dalam menyelesaikan tugas kuliah

    ReplyDelete

Komentar yang diharapkan membangun bagi penulis, semoga bermanfaat