google adsense

Tuesday, September 9, 2014

KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN

A.      Membantu Hubungan Perawat-Klien
Hunbungan perawat klien lebih dari hubungan mutual. Hubungan tersebut merupakan proses dimana campur tangan dalam kehidupah klien menetapkan tingkah laku yang lebih efektif.
Hubungan klien perawat adalah suatu proses dinamis yang meliputi usaha kolaborasi perawat dan klien untuk mengatasi masalah dan untuk meningkatkan kesehatan dan kemampuan beradaptasi (Potter & Perry, 2005). Varcarolis dalam Intan  (2005), menyebutkan  pengertian dari hubungan yaitu : Relationship adalah proses interpersonal antara dua atau lebih  orang pada keseluruhan kehidupan kita menemui orang dalam setting yang bervariasi dan membagi berbagai macam pengalaman.Perawat menggunakan komunikasi interpersonal untuk mengembangkan hunbungan dengan klien yang dapat meningkatkan pemahaman mereka sebagai manusia seutuhnya. Hubungan yang membantu ini adalah teurapetik, yang meeningkatkan iklim psikologis yang membawa perubahan dan pertumbuhan klien yang positif. Meskipun perawat banyak mendapat kepuasan dari hubungan, klien harus menjadi penerima utama dan penentu keuntungan.


v  Bentuk hubungan
Secara umum, bentuk dari hubungan dibagi dalam :
a.    Hubungan social
Hubungan social bertujuan untuk bersahabat,social,kesenangan atau menyelesaikan tugas. Kebutuhan bersama dipenuhi selama hubungan social seperti berbagi ide, perasaan, dan pengalaman. Keterampilan komunikasi meliputi memberikan nasihat dan kadang-kadang memenuhi kebutuhan dasar, seperti meminjam uang dan membantu pekerjaan. Sering hanya superficial.selama interaksi social peran mungkin berganti. Dalam hubungan social, terdapat sedikit penekanan dalam hal evaluasi dari interaksi yang dilakukan.

b.      Hubungan intim
Terjadi diantara dua individu yang mempunyai komitmen emosional antara satu dengan yang lain. Dalam hubungan ini  sering kali mereka peduli tentang kebutuhan untuk pertumbuhan dan kepuasan. Dalam hubungan ini pula, kebutuhan bersama dipenuhi dan keinginan keintiman serta fantasi dibagi. Orang mungkin ingin membina hubungan intim untuk beberapa alasan : menjadi ayah, kepuasan seksual atau emosi, kesamaan ekonomi, memiliki secara social, dan penurunan kesepian. Meskipun fenomena transference dan countertransference terjadi, mereka biasanya tidak mengakui atau menguraikan dalm hubungan ini.

c.       Hubungan terapeutik
Hubngan terapeutik berbeda dari hubungan diatas dimana perawat memaksimalkan keterampilan komunikasi, pemahaman tingkah laku manusia dan kekuatan pribadi untuk meningkatkan pertmbuhan klien. Fokus hubungan adalah pad aide klien, pengalaman dan perasaan klien.

d.      Perawat dan klien mengidentifikasi area yang memerlukan  ekplorasi dan evaluasi secara periodik terhadap tingkah perubahan klien. Peran tidak akan berubah dan hubungan tetap konsisten berfokus pada masalah klien.

Keterampilan komunikasi dan pengetahuan dari tahap dan fenomena yang terjadi dalam hubungan terapeutik merupakan alat yang penting sekali dalam pembentukan dan pemeliharaan hubungan, kebutuhan diri klien diidentifikasi dan pendekatan alternatif penyelesaian masalah dibuat serta  keterampilan koping baru mungkin dikembangkan.

          King cit.Varcarolis (1990) Menggambarkan hubungan terapeutik sebagai pengalaman belajar baik bagi klien dan perawat. Dia mengidentifikasi empat tindakan yang harus diambil di antara perawat dank lien :
1.      Tindakan diawali oleh perawat.
2.      Respon reaksi dari klien.
3.      Interaksi dimana perawat dan klien mengkaji kebutuhan klien dan tujuan.
4.      Transaksi dimana hubungan timbal balik pada akhirnya dibangun untuk mencapai tujuan hubungan.

v  Tujuan hubungan
Menurut Stuart dan Sundeen (dalam Keliat, 2003), tujuan terapeutik yang diarahkan pada pertumbuhan klien meliputi :
a.         Realisasi diri, pengalaman diri, dan rasa hormat terhadap diri sendiri
b.        Identitas diri yang jelas dan rasa integritas diri yang tinggi
c.         Kemampuan membina hubungan interpersonal yang intim, saling tergantung dan mencintai
d.        Peningkatan fungsi dan kemampuan memuaskan kebutuhan serta mencapai tujuan personal yang realistis


v  Hubungan Perawat – Pasien – Dokter
ü  Tiga unsur manusia dalam keperawatan yang saling berhunganadalah :
Perawat – Pasien – Dokter.
ü  Dalam hubungan timbal balik ini perawat dan dokter tidak bisadipisahkan dalam pemberian layanan kesehatan kepada klien yang berkualitas.
ü  Persamaan ilmu kedokteran dan ilmu keperawatan adalah sasaran pelayanannya manusia.
ü  Sedangkan perbedaannya, ilmu kedokteran bersifat Fathernalistik (figur seorang bapak, pemimpin dan pembuat keputusan).Sedangkan keperawatan bersifat Mathernalistik yang mencerminkanfigur ibu (Mother Instinc) dalam memberikan asuhan keperawatandengan kasih sayang dan bantuan (Helping Relationship).

§   Model Hubungan
1.        Aktivitas – Positifistis
Dokter berperan aktif, klien berperan pasif, tepat diterpkan pada klien anak-anak, bayi, pasien tidak sadar, koma, pasien pada kedaruratan. Biasanya dokter bersifat otoriter, pasienkurang diperhatikan.

2.        Hubungan Membantu
Klien yang mengalami gangguan / masalah kesehatan akanmencari bantuan kepada dokter untuk mengatasi masalah,dan dokter yang memiliki pengetahuan kedokteran akanmemberi bantuan kepada klien dalam mengatasi maslahkesehatan.

3.        Partisipasi Mutual
Individu memiliki hak yang sma / kesejajaran antara umatmanusia merupakan nilai yang tinggi. Pada model inimencerminkan azas demokrasi. Interaksi yang dilakukanmerupakan interaksi dari masing-masing individu yangmemiliki hak yang sama (sejajar) dalam memperoleh pelayanan, saling membutuhkan, dan interaksi yang dilakukan memberikan kepuasan kedua belah pihak.Dalam hal ini peran dokter membantu klien menolong dirisendiri. Peran ini penting untuk mengenal diri klien dankemampuan diri klien, serta menjelaskan bahwa manusiamemiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang.Keperawatan bersifat menghargai martabat individu yangunik atau berbeda satu dengan yang lain, membantukemampuan dalam menentukan dan mengatur diri sendiri.


v  Hubungan Perawat, Dokter dan Klien
Dalam pelayanan kesehatan, perawat menjalin hubungannyadengan dokter dan klien, dalam hal ini ada beberapa peran perawatyaitu :
·         Peran Independent (mandiri).
Peran perawat dalam memberikan askep dapat dipertanggung jawabkan secara mandiri oleh perawat.
·         Peran Dependent (tergantung dokter).
Peran dalam melaksanakan peran pemberian obat-obatan dantanggung jawab penuh oleh dokter.
·         Peran Kolaborasi (interdependent).
Peran dalam melakukan pelayanan kesehatan bekerja samasebagai tim work dengan tim kesehatan lain.

        Untuk mendapatkan perlindungan hukum pada tindakan (perandependent), perawat dan dokter perlu berkomunikasi yang jelasdan diketahui oleh kedua belah pihak.
Contohnya, The Standing Order  Dokter memberi kepercayaankepada perawat untuk pemberian obat-obatan tertentu, dalam jangka waktu tertentu.



v  Hubungan Perawat, Klien dalam Kontek Etis

Kondisi yang dihadapi klien merupakan penentu peran perawat terhadap klien. Seorang klien dalam situasi tertentu,mempunyai tujuan tertentu, begitu juga perawat, dalam situasi tertentu memiliki tujuan tertentu. Hubungan perawat dan klien mendasari nilai dan martabat manusia, pengembangan rasa terpercaya, pengukuran pemecahan masalah (Problem Solving) dan kolaborasi. Dalam hubungan in perawat bisa berperan sebagai konselor, sebagai pengganti orang tua, saudara kandung, temansebagai pasien dalam mengungkapkan perasaan-perasaannya. Jadi,dalam hal ini hubungan perawat dengan klien bersifat alamiah.Dalam interaksi antar perawat dan klien masing-masingmemiliki kesepakatan dan persetujuan dimana klien mempunyai peran dan hak, begitu juga perawat mempunyai peran dan hak sebagai perawat. Dalam setiap hubungan, perlu didahului dengan kontrak dan kesepakatan bersama, sehingga kesepakatan ini bisa menjadi parameter dalam perawat memutuskan setiaptindakan etis.

v  Hubungan Perawat dan Klien
Kehadiran dan Kepedulian (Noddings)

Hadir saat klien membutuhkan, bisa diartikan sebagaikepedulian terhadap kesejahteraan seseorang, memnumbuhkanrasa percaya, kepedulian terhadap satu sama lain dan sikap positif yang bisa meningkatkan kesehatan. Bila kehadiran dan kepedulian menjiwai pelayanan kesehatan, seluruh tantangan lingkungan akan berubah sehingga tercipta terapi yang adekuat, klien juga menghargai, berbangga menjadi bagian dari upayalayanan kesehatan.
Penghargaan yang datang dari klien terhadap kehadiran kepedulian akan menimbulkan perasaan tenang dan puas atas pelayanan keperawatan yang telah di berikan kepada klien yang dirawat dalam RS tertentu. Kehadiran kepedulian seringkal imembantu proses penyembuhan. Menerima kehadiran kepedulian meningkatkan kesejahteraan klien melalui transformasi keberadaan mereka di dunia.
Contoh, Ketika perawat menyuntik dengan tenang, akan memberikan perasaan nyaman dan mengurangi kecemasan, sehingga waktudisuntik klien tidak menjalani ketegangan otot dan tidak merasakan nyeri pada bekas suntikan.


1.      Dimensi Hubungan Membantu Perawat-Klien
a.    Dimensi tindakan
Dimensi ini termasuk konfrontasi, kesegaran, pengungkapan diri perawat, katarsisemosional, dan bermain peran (Stuart dan Sundeen, 1995, h.23). Dimensi ini harusdi implementasikan dalam konteks kehangatan, penerimaan, dan pengertian yangdibentuk oleh dimensi responsif.

1)   Konfrontasi
Pengekspresian perawat terhadap perbedaan pada perilaku klien yang bermanfaatnuntuk memperluas kesadaran diri klien. Carkhoff (dikutip oleh Stuart dan Sundeen,1998, h.41) mengidentifikasi tiga kategori konfrontasi yaitu:

a.       Ketidak sesuaian antara konsep diri klien (ekspresi klien tentang dirinya) dan idealdiri (cita-cita/keinginan klien).
b.      Ketidak sesuaian antara ekspresi non verbal dan perilaku klien.
c.       Ketidak sesuaian antara pengalaman klien dan perawat Konfrontasi seharusnyadilakukan secara asertif bukan agresif/marah. Oleh karena itu sebelum melakukankonfrontasi perawat perlu mengkaji antara lain: tingkat hubungan saling percaya denganklien, waktu yang tepat, tingkat kecemasan dan kekuatan koping klien. Konfrontasisangat berguna untuk klien yang telah mempunyai kesadaran diri tetapi perilakunya belum berubah.

2)   Kesegeraan
Terjadi jika interaksi perawat-klien difokuskan pada dan digunakan untuk mempelajarifungsi klien dalam hubungan interpersonal lainnya. Perawat harus sensitif terhadap perasaan klien dan berkeinginan membantu dengan segera.\

3)   Keterbukaan perawat
Tampak ketika perawat meberikan informasi tentang diri, ide, nilai, perasaan dansikapnya sendiri untuk memfasilitasi kerjasama, proses belajar, katarsis, atau dukunganklien. Melalui penelitian yang dilakukan oleh Johnson (dikutip oleh Stuart dan Sundeen,1987, h.134) ditemukan bahwa peningkatan keterbukaan antara perawat-klienmenurunkan tingkat kecemasan perawat klien.

4)   Katarsis emosionalKlien didorong untuk membicarakan hal-hal yang sangat mengganggunya untuk mendapatkan efek terapeutik. Dalam hal ini perawat harus dapat mengkaji kesiapanklien untuk mendiskusikan maslahnya. Jika klien mengalami kesulitan mengekspresikan perasaanya, perawat dapat membantu dengan mengekspresikan perasaannya jika berada pada situasi klien.

5)   Bermain peranMembangkitkan situasi tertentu untuk meningkatkan penghayatan klien kedalamhubungan antara manusia dan memperdalam kemampuannya untuk melihat situasi darisudut pandang lain; juga memperkenankan klien untuk mencobakan situasi yang barudalam lingkungan yang aman.

a.    Rasa Percaya
Rasa percaya dapat didefenisikan sebagai kepercayaan bahwa orang lain akan memberi bantuan ketika membutuhkan, selalu ada jika sedang diperlukan. Hubungan yang mempercaya ini tidak dapat berkembang kecuali jika klien percaya bahwa perawat ingin merawat demi kebaikan klien sendiri. Komunikasi perawat dengan klien yang tidak sadar rasa percaya dapat tumbuh pada klien jika perawat dapat menunjukan semua tindakan ingin membantu klien serta dengan komunikasi yang baik pula. Untuk meningkatkan rasa percaya klien, perawat harus bertindak secara konsisten, dapat dipercaya dan kompeten. Kejujuran dalam memberikan informasi kepada klien juga dapat membantu terjadinya rasa percaya.

b.      Empati
Empati telah diterima secara luas sebagai komponen klinis dalam hubungan membantu. Rasa empati yaitu merasakan, memahami kondisi klien pada saat itu. Empati adalah kemampuan untuk memahami dan memasuki kerangka referensi klien (Haber at al, 1994). Rasa empati ini sangat membantu hubungan terapeutik perawat dengan klien. Dari point ini perawat dapat menjadi pemotivasi terhadap klien dengan adanya rasa empati, hubungan yang terjalin akan menjadi lebih efektif. Empati juga membantu klien untuk menjelaskan dan mengkaji perasaan mereka sehingga pemecahan masalah dapat terjadi.

c.    Perhatian
Perhatian adalah memiliki penghargaan positif terhadap orang lain, merupakan dasar untuk hubungan yang membantu. Perawat menunjukkan perhatian dengan menerima klien sebagaimana mereka adanya dan menghargai mereka sebagai individu. Perawat menghargai pasien yang tidak sadar selayaknya pasien yang sadar, bahwa klien tetap mengetahui apa yang perawat komunikasikan selayaknya ia sadar. Klien akan merasakan bahwa perawat menunjukan perhatian dengan menerima klien sebagaimana mereka adanya. Perhatian juga meningkatkan rasa percaya dan mengurangi kecemasan. Penghilangan kecemasan dan stress akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyembuhan.

d.   Autonomi
Autonomi adalah kemampuan mengontrol diri. Perawat dituntut untuk tidak menyepelekan hal ini. Setiap manusia itu unik dan tiada yang sama. Perawat harus berusaha mengontrol diri terhadap hal-hal yang sensitif terhadap klien. Pada pasien yang tidak sadar, perawat harus berhati-hati untuk berbicara hal yang negatif di dekat klien, karena hal itu sangat berpengaruh terhadap klien.

e.    Mutualitas
Mutualitas meliputi perasaan untuk berbagi dengan sesama. Perawat dan klien bekerja sebagai tim yang ikut serta dalam perawatan. Perasaan untuk merasakan bahwa kita saling membutuhkan dapat menumbuhkan hubungan yang membantu dalam komunikasi terapeutik. Akan terjalin rasa percaya pada klien terhadap perawat yang dapat membantu penyembuhan klien.


b.      DIMENSI RESPON
Dimensi respon yang harus dimiliki oleh perawat ada 4 (empat) :
1.    Kesejatian
Kesejatian adalah pengiriman pesan pada orang lain tentang gambaran diri kita yang sebenarnya.Kesejatian dipengaruhi oleh :

a.         Kepercayaan diri
Orang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi akan mampu menunjukkan kesejatiannya pada pada saat keadaan yang tidak nyaman dimana kesejatian yang ditampilkan akan mengakibatkan resiko yang tertentu.

b.        Persepsi terhadap orang lain.
Apabila seorang melihat orang lain meempunyai kekuatan yang lebih besar dan menguasai kita akan mempengaruhi bagaimana kita akan menampilkan seperti apa diri kita yang sebenarnya.

c.         Lingkungan.

d.        Lingkungan terdiri dari waktu dan tempat. Tempat dimana seseorang berada dimuka publik (auditorium, panggung, dan lain-lain) akan mengakibatkan seseorang merasa sulit untuk menunjukkan seperti apa dirinya yang sebenarnya. Wakyu yang terbatas juga akan mengakibatkan seseorangtidak mampu menunjukkan siapa dia yang sebenarnya.

§  Contoh :
Ada seseorang klien yang menyukai anda sebagai perawat di sebuah bangsal. Dia menanyakan nomor telepon anda, sering memandang anda dengan mesra, dan berusaha membuat kotak badan yang sering. Dia bahkan akan mengundang anda untuk makan malam.Sebagai perawat,
Pikiran anda     : Saya harus memberikan pelayanan yang professional.
Perasaan anda      : Capek juga nih orang, sebenarnya saya juga suka, tapi …  (terdapat   inkongruen antarapikiran dan perasaan).
Bagaimana anda menunjukkan kesejatian tanpa meninggalakan keprofesionalas sebagai perawat ? 
§  Contoh respons :
“yah … mungkin saya akan pergi dengan anda, … kita lihat saja nanti.
(Respons ini kurang tepat karena tidak ada kejelasan didalamnya akan maksud dari perawat)
“Semua lelaki sama saja, … anda menangani perawat seperti bermain sesuatu. Diamlah tuan, … saya punya pekerjaan”. (Respon ini menunjukkan keagresifan perawat)
“saya senang menerima undangan anda setelah anda pulang dari rumah sakit. Meskipun begitu, saat anda disini saya ingin membuat hubungan dimana saya merasa member anda dank klien lain asuhan keperawatan yang terbaik. Saya ingin menangani semua klien dengan sama karena saya piker tidaklah adil untuk menunjukkan kefavoritan kepada anda. Dapatkah anda mengerti posisi saya ?” (Respon kesejatian tanpa meninggalkan profesionalisme perawat)
2.        Empati
Empati adalah kemampuan menempatkan diri kita pada diri orang lain, bahwa kita telah memahami bagaimana perasaan orang lain tersebut dan apa yang menyebabkan reaksi mereka tanpa emosi kita terlarut dalam emosi orang lain.

v  Beberapa aspek dari empati antara lain :

a.       Aspek Mental
Kemampuan melihat dunia orang lain dengan menggunakanparadigma orang lain tersebut. Aspek mental juga berarti memahami orang tersebut serta memahami orang tersebut secara emosional dan intelektual.

b.      Verbal
Kemampuan mengungkapkan secara verbal pemahaman terhadap perasaan dan alasan reaksi emosi klien. Aspek verbal dalam menunjukkan memerlukan hal-hal :

1.        Kekuratan ;
Merupakan ketetapan pengungkapan verbal terhadap perasaan atau masalah klien.

2.        Kejelasan
Ungkapan empati harus jelas mengenai topik tertentu dan sesuai dengan apa yang dirasakan orang yang kita beri empati.

3.        Kealamiahan
Perawat menggunakan kata-kata sendiri dalam berkomunikasi dengan orang lain.

4.        Mengecek
Fungsi dari mengecek adalah untuk mengetahui apakah response empatik yang kita lakukan tersebut efektif.

c.       Aspek non verbal
Aspek non verbal yang diperlukan adalah kemampuan menunjukkan empati dengan kehangatan dan kesejatian.

1.      Kehangatan;
Kehangatan yang ditunjukkan secara non verbal antara lain :

a.       Kondisi muka;
·         Dahi : rileks, tidak ada kerutan.
·         Mata : kontak mata yang nyaman, gerakan mata natural.
·         Mulut : rileks, tidak cemberut dan menggit bibir, tersenyum jika perlu, rahan rileks.
·         Ekspresi : tampak rileks, tidak ada ketakutan, kekhawatiran, menunjukkan perhatian dan ketertarikan.

b.      Kondisi postur/sikap.
·         Tubuh  : berhadapan, parallel dengan lawan bicara.
·         Kepala : duduk atau berdiri dengan tinggi yang sama, menganggukkan kepala jika perlu.
·         Bahu    : mudah digerakkan dan tidak tegang
·         Lengan            : mudah digerakkan, tidak memegang kursi atau tembok.
·         Tangan : tidak memegang atau menggenggam diantara keduanya, tidak mengetuk-ngetuk pena/bermain dengan objek
·         Dada   : napas biasa, tidak nampak menelan.
·         Kaki    : tampak nyaman, tidak menendang.
·         Telapak kaki : tidak mengetuk.

·         Hal-hal yang dapat merusak kehangatan :
·         Melihat sekeliling pada sedang berkomunikasi dengan orang lain.
·         Mengetuk dengan jari.
·         Mundur tiba-tiba.
·         Tidak tersenyum.

·         Hambatan dalam menunjukkan kehangatan antara lain :
·         Terburu-buru.
·          Emosi berlebihan.
·         Shock/terkejut.
·         Penilaian tentang orang lain sehingga membuat kita menjadi mengalihkan perhatian pada masalah kita sendiri.

2.      Kesejatian
Kesejatian merupakan kesamaan respons non verbal dan respons verbal serta ketertarikan dan perhatian dengan lawan bicara.
3.      Respek/hormat
Respek mempunyai pengertian perilaku yang menunjukkan kepedulian/perhatian, rasa suka, dan menghargai klien,. Perawat menghargai klien seorang yang bernilai dan menerima klien tanpa syarat (Stuart dan Sundeen, 1995).

          Dengan respek maka perawat akan dapat mengakui kebutuhan orang lain untuk dipenuhi, dimengerti dan dibantu dalam keterbatasan waktu yang dimiliki oleh perawat.

·      Perilaku respek dapat ditujukkan dengan (Smith, 1992) :
a.       Melihat kearah klien.
b.      Memberikan perhatian yang tidak terbagi.
c.       Memelihara kotak mata.
d.      Senyum pada saat yang tidak tepat.
e.       Bergerak kearah klien.
f.       Menentukan sapaan yang disukai.
g.      Jabat tangan atau sentuhan yang lembut.




4.      Konkret
Yang spesifik dan bukan abstrak pada saat mendiskusikan dengan klien mengenai perasaan, pengalaman, dan tindak lakunya. Fungsi dari dimensi ini adalah daapt mempertahankan respons perawat terhadap perasaan klien, penjelasan dengan akurat tentang masalah dan mendorong klien dan memikirkan masalah yang spesifik.
§  Contoh :
o   Klien                : “Aku tidak akan punya masalah jika orang-orang tidak menggangguku.
o   Mereka       :  “membuat aku marah karena mereka tahu bahwa aku sangat berperasaan         halus.”
o   Perawat       : “Siapa yang ingin membuat kamu marah ?”
o   Klien           : “Keluargaku. Orang berpikir berada dalam keluarga besar merupakan berkah.    Itu adalah kutukan.”
o   Perawat       : “Apakah kamu dapat memberi saya contoh dari seseorang yang membuatku         marah di rumah?” 


2.      Fase Hubungan membantu Perawat-Klien
            Hubungan membantu di tetapkan dan di pertahankan oleh perawat profesional. Hubungan adalah sesuatu yang bersifat resiprokal; perawat dan klien saling berhubungan ketika mereka bergerak ke arah hubungan terapeutik. Hubunngan yang membantu bergeraktanpa mengenal waktu ketika kliendan perawat berinteraksi, namun hubungan membantu tidak sama dengan proses keperawatan.

            Proses keperawatan adalah suatu seri tindakan yang diambil untuk mengatasi masalah kesehatan klien. Hubungan membantu adalah suatu ikatan yang membuat perawat menjadi lebih efektif dalam menjalankan proses keperawatan. Perawat bertanggung jawab untuk mengarahkan klien melalui hubungan yang membantu untuk meyakinkan bahwa seluruh kebutuhan klien terpenuhi. Tatangan bagi perawat adalah untuk menetapkan hubungan yang membantu dalam waktu yang menimal dengan waktu denag memasukkan komunikasi efektif yang melibatkan klien, keluarga dan tim perawatan kesehatan.

a.    Fase Prainteraksi
        Prainteraksi merupakan masa persiapan sebelum berhubungan dan berkomunikasi dengan klien. Anda perlu mengevaluasi diri tentang kemampuan yang anda miliki. Jika merasakan ketidakpastian maka anda perlu membaca kembali, diskusi dengan teman sekelompok atau diskusi dengan tutor. Jika saudara telah siap, maka anda perlu membuat rencana interaksi dengan klien.
1)        Evaluasi diri
Coba pertanyaan berikut :
a)      pengetahuan yang say miliki tentang keperawatan jiwa?
b)      yang akan saya ucapkan saat bertemu dengan klien?
c)      Bagaimana respon selanjutnya jika klien diam, menolak, marah atau inkoheren?
d)     pengalaman interaksi dengan klien yang negatif/buruk/ tidak menyenangkan? Jika ada, lakukan dengan koreksi dengan cara membaca cara-cara berhubungan dengan klien. Konsultasi dengan pembimbing klinik, diskusi dengan teman sekelompok.
e)      Bagaimana tingkat kecemasan saya? Jika cemas ringan , lakukan interaksi. Jika cemas sedang, usahakan sampai anda dapat mengatasi kecemasan.

2)      Penetapan tahapan hubungan /interaksi
Berikutnya perlu ditetapkan tahapan hubungan anda berikutnya:
a)      Apakah pertemuan/kontak pertama?
b)      Apakah pertemuan lanjutan?
c)      Apakah tujuan pertemuan? Pengkajian/observasi/pemantauan/ tindakan keperawatan terminasi?
d)     Apa tindakan yang saya akan lakukan?
e)      Bagaimana cara melakukannya?

3)      Rencana interaksi
a)      Siapkan secara tertulis rencana percakapan yang akan anda lakukan pada saat berhubungan dengan berkomunikasi bersama klien.
b)      Teknik komunikasi apa yang anda akan terapkan, kaitkan dengan tujuan anda melakukan hubungan dengan klien. Hal ini berhubungan dengan tahapan hubungan yang akan dilakukan. Teknik observasi apa yang perlu saudara lakukan selama berhubungan dengan klien.
c)      Langkah- langkah tindakan prosedur yang akan dikerjakan (SOP)
d)     Setelah anda belajar membuat rencana interaksi berarti anda sudah siap bertemu dan berkomunikasi dengan klien.

b.    Fase perkenalan/Orientasi
a.       Fase perkenalan
Perkenalan merupakan kegiatan yang anda lakukan saat pertama kali bertemu dengan klien. Hal- hal yang perlu dilakukan adalah :
a)      Memberi salam;
Assalamu alaikum/selamat pagi/siang/sore/malam atau sesuai dengan latar belakang social budaya yang disertai dengan mengulurkan tangan untuk berjabat tangan.
b)      Memperkenalkan diri perawat;
“Nama saya Isara, saya senang dipanggil Isara”
c)      Menanyakan nama klien;
“Nama Bapak/ibu/Saudara siapa, apa panggilan kesayangannya”
d)     Menyepakati pertemuan (kontrak);
Bunyi kesepakatan tentang pertemuan terkait dengan kebersediaan klien untuk bercakap-cakap (tempat bercakap-cakap dan lama percakapan).
§  Contoh kominikasi :
“Bagaimana kalau kita kita bercakap-cakap”
“Ayo kita bercakap-cakap”
“Di mana kita duduk?” (Sebutkan)
“Ayo kita duduk di sana.” (Sebutkan)
Jika di klinik/ rumah sakit langsung katakana “silahkan duduk!”.
Jika di kamar klien, saudara langsung duduk disamping klien.

e)      Menghadapi kontrak;
Pada pertemuan awal saudara perlu melengkapi penjelasan identitas saudara sehingga saat interaksi klien percaya pada saudara.
§  Contoh komunikasi :
“Saya perawat yang bekerja di…., saya yang akan merawat Yanti selama 3 hari.”(Contoh jika panggilan sayangnyan Yanti) “Dimulai saat ini s.d …, saya dating jam 07.00 dan pulang jam 14.00”.

Klien menyepakati tujuan interaksi :
“Saya akan membantu Yanti untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi”.
“Kita bersama-sama menyelesaikan masalah yang Yanti hadapi”.
f)       Memulai percakapan awal;
Pada awalnya focus percakapan adalah pengkajian keluhan utama atau alasan masuk rumah sakit. Kemudian dilanjutkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan keluhan utama. Jika mungkin melengkapi format pengkajian proses keperawatan.
§  Contoh komunikasi untuk mengkaji keluhan utama.
o   Untuk melengkapi identitas saudara :
“Apa yang terjadi di rumah sampai Yanti dibawa kemari”
“Apa yang Yanti rasakan sampai datang kemari?”
“Apa yang Yanti susahkan saat ini?”
“Apa masalah yang Yanti rasakan?”
o   Jika klien tidak menjawab :
“Saya tidak dapat membantu jika Yanti tidak mau menceritakan hal yang Yanti hadapi. Tampaknya Yanti belum mau cerita, kita duduk saj bersama.” (10 menit).
g)      Menyepakati masalah klien;
Setelah pengkajian, jika mungkin pada akhir wawancara sepakati masalah atau kebutuhan klien.
§  Contoh komunikasi :
Dari percakapan kita tadi tampaknya Yanti…. ” (Sesuai dengan kesimpulan masalah/kebutuhan yang dimiliki klien).
o   Gunakan bahasa yang dimengerti klien, misalnya :
“Tampaknya Yanti tidak nafsu makankarena merasa nyeri pada ulu hati” (untuk masalah Gastritis); “Tampaknya Yanti kelihatan sesak nafas” (untuk masalah asma)
h)      Mengakhiri perkenalan;


c.       Fase Orientasi
Fase orientasi dilaksanakan pada awal setiap pertemuan kedua dan seterusnya. Tujuan fase orientasi adalah memvalidasi kekurangan data, rencana yang telah dibuat dengan keadaan klien saat ini dan mengevaluasi hasil tindakan yang lalu. Umumnya dikaitkan dengan hal yang telah dilakukan bersam klien.

a)        Member salam;
Sama dengan fase perkenalan.

b)        Memvalidasi keadaan klien;
“Bagaimana perasaan Yanti hari ini?”
“Coba Yanti ceritakan perasaannya hari ini!”
“Adakah hal yang terjadi selam kita tidak bertemu? Coba ceritakan!”

c)        Mengingat kontrak;
·         Setiap berinteraksi dengan klien dikaitkan dengan kontrak yang pertemuan sebelumnya.
“Yanti masih ingat jam berapa kita bertemu hari ini/pagi ini/siang ini/sore ini?”

·         Sesuai dengan janji kita yang lalu kita akan bertemu jam…. (sebutkan sesuai perjanjian) ”
“Yanti masih ingat apa yang akan kita bicarakan/lakukan sekarang?”
“Sesuai dengan janji kita yang lalu sekarang saya akan memberikansuntikan lagi.”
“Sesuai dengan penjelasan saya tadi, sekarang ibu akan saya bantu latihan batuk efektif”.

·         Jika klien dapat menyebutkan waktu,tempat,topic pembicaraan, anda wajib memberikan pujian (reinforcement). Fase orientasi selalu diikuti oleh fase kerja dan terminasi sementara. Oleh karena itu komunikasinya dapat berupa kalimat berikut :
“Baiklah sekarang kita akan bicarakan tentang cara mengatasi tidak nafsu makan/cara mengelola nyeri yang ibu rasakan (dan lain-lain dengan masalah klien)”.


d.      Fase kerja
Fase kerja merupakan inti hubungan perawatan klien yang terkait erat dengan pelaksanaan rencana tindakan keperawatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Tujuan tindakan keperawatan adalah :

a)        Meningkatkan pengertian dan pengenalan klien akan dirinya , perilakunya, perasaanya, pikirannya. Tujuan ini sering disebut tujuan kognitif.
§  Contoh :
“Apa yang menyebabkan Yanti cemas?”
“Apa tanda/gejala yang Yanti rasakan saat cemas?”
“Kapan saja Yanti merasakan cemas?”
“Apa yang Yanti rasakan saat merasa cemas?”

b)      Mengembangkan, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan klien secara mandiri menyelesaikan masalah yang dihadapi. Tujuan ini sering disebut tujuan efektif dan psikomotor.

§  Contoh :
“Apa yang Yanti Lakukan saat cemas?”
“Apa yang Yanti lakukan saat jantung berdebar-debar?”
“Apa dengan cara itu masalah Yanti selesai?”
“Apa dengan cara itu debar jantung hilang?”
“Apa kira-kira cara lain yang lebih baik?”
“Bagaimana kalau kita bicarakan beberapa cara baru?” Jelaskan!
“Yanti ingin mencoba cara yang mana?” Baik saya akan beri contoh (lakukan demonstrasi). “Coba Yanti tiru cara tadi.” ”Bagus, Yanti dapat melakukan dengan baik. Bagaimana kalau Yanti coba sendiri. ”

c)        Melaksanakan terapi/teknikal keperawatan.
§  Contoh :
“Bagaimana rasa nyeri ibu?”
“Saya bantu untuk mencoba cara mengurangi rasa nyeri.”
“Pertama : ibu dapat mengalihkan pikiran pada pengalaman yang menyenangkan, atau membaca, atau mendengar musik, atau bercaap-cakap.”
“Kedua : latihan nafas dalam-dalam.” (beri contoh)
“Ketiga : mengusap daerah tertentu.” (beri contoh)
“Mari kita coba.” (Bantu klien melakukannya, beri pujian jika dapat melakukan)
“Bagaimana perasaan ibu?”
Nah, ibu dapat mencobanya pada saat nyeri, namun jika tidak berhasil panggil perawat.”


d)       Melaksanakan pendidikan kesehatan.
§  Contoh :
“Sesuai dengan janji kita tadi pagi, saya akan memberi penjelasan tentang cara merawat tali pusat bayi baru lahir.”
Jelaskan tentang merawat tali pusat bayi baru lahir (jelaskan dengan alat bantu [lembar balik/leaflet/booklet]).
“Ada pertanyaan Bu? Ada yang kurang jelas?”
“Ibu dan keluarga boleh mencoba melakukanya di rumah. Terima kasih”.


e)        Melaksanakan kolaborasi.
§  Contoh :
“Bu, sekarang sudah pukul 12.00, saatnya ibu mendapat suntikan.”
“Ibu,miring kesebelah kiri.”
“Sedikit sakit Bu (katakan pada saat akan menyuntik), tarik napas dalam Bu,ya,sudah.”
“Bagaimana Bu?”

f)         Melaksanakan observasi dan monitoring.
§  Contohnya
“Bu, sesuai dengan keadaan suhu Ibu yang tinggi maka setiap dua jam saya akan mengukur suhu,nadi, dan pernafasan ibu.”
“Sekarang saya akan ukur suhu ibu di ketiak.” Kemudian perawat meletakkan thermometer di ketiak klien, dan katakan pada klien : “dijepit ya Bu!”
“Saya ambil ya Bu, sekarang Ibu istirahat lagi,nanti dua jam lagi saya datang”.

e.    Fase terminasi
Terminasi merupakan akhir dari setiap pertemuan perawat dan klien. Terminasi dibagi dua, yaitu terminasi sementara dan terminasi akhir.
1)      Terminasi sementara;
Terminasi sementara adalah akhir dari tiap pertemuan perawat dan klien. Pada terminasi sementara, perawat akan bertemu lagi dengan pasien pada waktu yang telah ditentukan, misalnya : 1 (satu) atau 2 (dua) jam pada hari berikutnya.
§  Isi percakapan
·         Evaluasi hasil;
“Coba Yanti sebutkan hal-hal yang sudah kita bicarakan.”
“Apa saja yang telah Yanti dapat dari percakapan tadi?”

·         Tindak lanjut;
“Bagaimana kalau Yanti coba lakukan nanti di ruangan?”
“Yang mana yang ingin Yanti coba?”

·         Kontrak yang akan dating
§  Waktu :
“Kapan kita ketemu lagi?”
“Bagaimana kalau nanti jam… kita bertemu lagi?”
“Kita akan bertemu lagi besok pagi.”
§  Topik :
“Apa saja yang akan kita bicarakan nanti/besok.”
“Bagaimana kalau kita bicara…” (sebutkan)


2)      Terminasi akhir
Terminasi akhir terjadi jika klien akan pulang dari rumah sakit atau saudara selesai praktek dirumah sakit.
§  Isi percakapan :
·         Evaluasi hasil
“Coba sebutkan kemampuan yang didapat setelah dirawat disini”
“Apa saja yang sudah Yanti ketahui selama dirawat disini”
“Saya melihat Yanti sudah dapat melakukan……”
(Sebutkan sesuai hasil observasi pada tiap diagnosa keperawatan)

·         Tindak lanjut
“Apa rencana kegiatan Yanti dirumah”
“Aupa gejala dan tanda yang perlu diperhatikan dirumah”

·         Kontrak yang akan dating
Hal yang sama dengan 1,2,3 dilakukan pada keluarga


3.      Cara Lternatif Komunikasi pada Manusia.
v  Media Pendidikan Alternatif  Pendidikan Bagi Anak Autis
                       I.     PENGERTIAN
        Istilah Autisme berasal dari kata “Autos” yang berarti diri sendiri “Isme” yang berarti suatu aliran. Berarti suatu paham yang tertarik hanya pada dunianya sendiri. Autistik adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi. Gejalanya mulai tampak sebelum anak berusia 3 tahun. Bahkan pada autistik infantil gejalanya sudah ada sejak lahir.

        Diperkirakan 75%-80% penyandang autis ini mempunyai retardasi mental, sedangkan 20% dari mereka mempunyai kemampuan yang cukup tinggi untuk bidang-bidang tertentu (savant).

Anak penyandang autistik mempunyai masalah/gangguan dalam bidang :
1.      Komunikasi
2.      Interaksi sosial
3.      Gangguan sensoris
4.      Pola bermain
5.      Perilaku
6.      Emosi
Apa Penyebab Autistik?
Beberapa teori terakhir mengatakan bahwa faktor genetika memegang peranan penting pada terjadinya autistik. Bayi kembar satu telur akan mengalami gangguan autistik yang mirip dengan saudara kembarnya. Juga ditemukan beberapa anak dalam satu keluarga atau dalam satu keluarga besar mengalami gangguan yang sama.
       
        Selain itu pengaruh virus seperti rubella, toxo, herpes; jamur; nutrisi yang buruk; perdarahan; keracunan makanan, dsb pada kehamilan dapat menghambat pertumbuhan sel otak yang dapat menyebabkan fungsi otak bayi yang dikandung terganggu terutama fungsi pemahaman, komunikasi dan interaksi.

        Akhir-akhir ini dari penelitian terungkap juga hubungan antara gangguan pencernaan dan gejala autistik. Ternyata lebih dari 60 % penyandang autistik ini mempunyai sistem pencernaan yang kurang sempurna. Makanan tersebut berupa susu sapi (casein) dan tepung terigu (gluten) yang tidak tercerna dengan sempurna. Protein dari kedua makanan ini tidak semua berubah menjadi asam amino tapi juga menjadi peptida, suatu bentuk rantai pendek asam amino yang seharusnya dibuang lewat urine. Ternyata pada penyandang autistik, peptida ini diserap kembali oleh tubuh, masuk kedalam aliran darah, masuk ke otak dan dirubah oleh reseptor opioid menjadi morphin yaitu casomorphin dan gliadorphin, yang mempunyai efek merusak sel-sel otak dan membuat fungsi otak terganggu. Fungsi otak yang terkena biasanya adalah fungsi kognitif, reseptif, atensi dan perilaku.

                     II.     KARAKTERISTIK
Anak autistik mempunyai masalah/gangguan dalam bidang:
1.    Komunikasi:
·      Perkembangan bahasa lambat atau sama sekali tidak ada.
·      Anak tampak seperti tuli, sulit berbicara, atau pernah berbicara tapi kemudian sirna,
·      Kadang kata-kata yang digunakan tidak sesuai artinya.
·      Mengoceh tanpa arti berulang-ulang, dengan bahasa yang tak dapat dimengerti orang lain
·      Bicara tidak dipakai untuk alat berkomunikasi.
·      Senang meniru atau membeo (echolalia).
·      Bila senang meniru, dapat hafal betul kata-kata atau nyanyian tersebut tanpa mengerti artinya.
·      Sebagian dari anak ini tidak berbicara ( non verbal) atau sedikit berbicara (kurang verbal) sampai usia dewasa.
·      Senang menarik-narik tangan orang lain untuk melakukan apa yang ia inginkan, misalnya bila ingin meminta sesuatu.

2.    Interaksi sosial:
·      Penyandang autistik lebih suka menyendiri.
·      Tidak ada atau sedikit kontak mata, atau menghindar untuk bertatapan
·      Tidak tertarik untuk bermain bersama teman.
·      Bila diajak bermain, ia tidak mau dan menjauh

3.    Gangguan sensoris:
·      Sangat sensistif terhadap sentuhan, seperti tidak suka dipeluk
·      Bila mendengar suara keras langsung menutup telinga
·      Senang mencium-cium, menjilat mainan atau benda-benda
·      Tidak sensitif terhadap rasa sakit dan rasa takut
4.    Pola bermain:
·      Tidak bermain seperti anak-anak pada umumnya,
·      Tidak suka bermain dengan anak sebayanya,
·      Tidak kreatif, tidak imajinatif
·      Tidak bermain sesuai fungsi mainan, misalnya sepeda dibalik lalu rodanya di putar-putar
·      Senang akan benda-benda yang berputar, seperti kipas angin, roda sepeda,
·      Dapat sangat lekat dengan benda-benda tertentu yang dipegang terus dan dibawa kemana-mana.
5.    Perilaku:
·      Dapat berperilaku berlebihan (hiperaktif) atau kekurangan (hipoaktif).
·      Memperlihatkan perilaku stimulasi diri seperti bergoyang-goyang,
mengepakkan tangan seperti burung, berputar-putar, mendekatkan mata ke
pesawat TV, lari/berjalan bolak balik, melakukan gerakan yang diulang-ulang.
·      Tidak suka pada perubahan.
·      Dapat pula duduk bengong dengan tatapan kosong
6.    Emosi:
·      Sering marah-marah tanpa alasan yang jelas, tertawa-tawa, menangis tanpa alasan.
·      Temper tantrum (mengamuk tak terkendali) jika dilarang atau tidak diberikan keinginannya.
·      Kadang suka menyerang dan merusak.
·      Kadang-kadang anak berperilaku yang menyakiti dirinya sendiri.
·      Tidak mempunyai empati dan tidak mengerti perasaan orang lain.

                  III.     IDENTIFIKASI
1.      Diagnosa Autisme
            Waktu adalah bagian terpenting. Jika anak memperlihatkan beberapa gejala diatas segera hubungi psikolog klinis, dokter ahli perkembangan, anak, psikiater anak atau neurologis khusus autistik dan gangguan perkembangan yang akan membuat suatu assesstment/pengkajian yang diikuti dengan penegakan diagnosa. Jika terdiagnosa dini, maka anak autistik dapat ditangani segera melalui terapi-terapi terstruktur dan terpadu. Dengan demikian lebih terbuka peluang perubahan ke arah perilaku normal

·           Bagaimana mengenai pendidikan anak autis?
Perlu diketahui bahwa setiap anak autis memiliki kemampuan serta hambatan yang berbeda-beda. Ada anak autis yang mampu berbaur dengan anak-anak ’normal’ lainnya di dalam kelas reguler dan menghabiskan hanya sedikit waktu berada dalam kelas khusus namun ada pula anak autis yang disarankan untuk selalu berada dalam kelas khusus yang terstruktur untuk dirinya. Anak-anak yang dapat belajar dalam kelas reguler tersebut biasanya mereka memiliki kemampuan berkomunikasi, kognitif dan bantu diri yang memadai. Sedangkan yang masih membutuhkan kelas khusus biasanya anak autis dimasukkan dalam kelas terpadu, yaitu kelas perkenalan dan persiapan bagi anak autis untuk dapat masuk ke sekolah umum biasa dengan kurikulum umum namun tetap dalam tata belajar anak autis, yaitu kelas kecil dengan jumlah guru besar, dengan alat visual/gambar/kartu, instruksi yang jelas, padat dan konsisten.

·         Bagaimana metode belajar yang tepat bagi anak autis?
Metode belajar yang tepat bagi anak autis disesuaikan dengan usia anak serta, kemampuan serta hambatan yang dimiliki anak saat belajar, dan gaya belajar atau learning style masing-masing anak autis. Metode yang digunakan biasanya bersifat kombinasi beberapa metode. Banyak, walaupun tidak semuanya, anak autis yang berespon sangat baik terhadap stimulus visual sehingga metode belajar yang banyak menggunakan stimulus visual diutamakan bagi mereka. Pembelajaran yang menggunakan alat bantu sebagai media pengajarannya menjadi pilihan. Alat Bantu dapat berupa gambar, poster-poster, bola, mainan balok.

2.    PENGOBATAN
            Orang tua memainkan peran yang sangat penting dalam membantu perkembangan anak. Seperti anak-anak yang lainnya, anak autis terutama belajar melalui permainan. Bergabunglah dengan anak ketika dia sedang bermain, tariklah anak dari perilaku dan ritualnya yang sering diulang-ulang, dan tuntunlah mereka menuju kegiatan yang lebih beragam. Misalnya, orang tua mengajak anak mengitari kamarnya, kemudian tuntun mereka ke ruang yang lain. Orang tua perlu memasuki dunia mereka untuk membantu mereka masuk ke dunia luar.

            Kata-kata pujian karena telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, kadang tidak berarti apa-apa bagi anak autis. Temukan cara lain untuk mendorong perilaku yang baik dan untuk mengangkat harga dirinya. Misalnya berikan waktu lebih untuk bermain dengan mainan kesukaannya jika anak telah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Anak autis belajar lebih baik jika informasi disampaikan secara visual (melalui gambar) dan verbal (melalui kata-kata). Masukkan komunikasi augmentatif ke dalam kegiatan rutin sehari-hari dengan menggabungkan kata-kata dan foto, lambang atau isyarat tangan untuk membantu anak mengutarakan kebutuhan, perasaan dan gagasannya.

            Tujuan dari pengobatan adalah membuat anak autis berbicara. Tetapi sebagian anak autis tidak dapat bermain dengan baik, padahal anak-anak mempelajari kata-kata baru melalui permainan. Sebaiknya orang tua tetap berbicara kepada anak autis, sambil menggunakan semua alat komunikasi dengan mereka, apakah berupa isyarat tangan, gambar, foto, lambang, bahasa tubuh maupun teknologi. Jadwal kegiatan sehari-hari, makanan dan aktivitas favorit, serta teman dan anggota keluarga lainnya bisa menjadi bagian dari sistem gambar dan membantu anak untuk berkomunikasi dengan dunia di sekitarnya.
·         Program intervensi dini
            Hal terpenting yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah menemukan program intervensi dini yang baik bagi anak autis. Tujuan pertama adalah menembus tembok penghalang interaksi sosial anak dan menitikberatkan komunikasi dengan orang lain melalui cara menunjuk jari, mengguanakan gambar dan kadang bahasa isyarat serta kata-kata.
            Program intervensi dini menawarkan pelayanan pendidikan dan pengobatan untuk anak-anak berusia dibawah 3 tahun yang telah didiagnosis mengalami ketidakmampuan fisik atau kognitif.
a.       Program intervensi dini terdiri dari:
Ø  Terapi fisik dan terapi okupasional (pengobatan dengan memberikan pekerjaan/kegiatan tertentu)
Ø  Terapi wicara dan bahasa
Ø  Pendidikan masa kanak-kanak dini
Ø  Perangsangan sensorik.

            Program intervensi dini akan membantu orang tua dan anak autis pindah dari intervensi dini ke dalam sistem sekolah umum. Program ini juga akan membantu memilihkan lingkungan yang paling tepat untuk pendidikan anak autis, apakah di sekolah biasa atau di kelas khusus anak austik yang menawarkan pendidikan dan pelayanan pengobatan yang lebih intensif dengan jumlah murid yang terbatas.


            Program pendidikan untuk anak autis sangat terstruktur, menitikberatkan kepada kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi serta teknik pengelolaan perilaku positif. Strategi yang digunakan di dalam kelas sebaiknya juga diterapkan di rumah sehingga anak memiliki lingkungan fisik dan sosial yang tidak terlalu berbeda. Dukungan pendidikan seperti terapi wicara, terapi okupasional dan terapi fisik merupakan bagian dari pendidikan di sekolah.

REFERENSI :
·         Budi Anna Keliat,Hubungan & komunikasi Terapeutik
-Stuart & Sundeen.
·         Potter & Perry (2005). Fundamental Keperawatan, Edisi 4, Jakarta: EGD.
·         Hamid, A.Y.S (1996). Komunikasi Terapeutik. Jakarta: tidak dipublikasikanKanus, W.A. Et.al. (1986).
·         An evaluation of outcome from intensive care in major medical centers. Ann Intern Med 104, (3):410Lindbert, J., hunter, M & Kruszweski, A. (1983).
·         www.mediapendidikan.co.nr

No comments:

Post a Comment

Komentar yang diharapkan membangun bagi penulis, semoga bermanfaat