google adsense

Thursday, September 11, 2014

ANATOMI TELINGA

D.      ANATOMI TELINGA
Telinga merupakan sebuah organ yang mampu mendeteksi/mengenal suara & juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga memiliki tiga bagian yaitu:




Meatus auditorius eksternus
1.        Telinga Luar
Aurikula (daun telinga) Terdiri dari tulang rawan (kartilago) yang dibungkus kulit. Fungsi utama aurikula adalah untuk menangkap gelombang suara dan mengarahkannya ke dalam MAE.
Meatus auditorius eksternus (saluran telinga) merupakan saluran ke dalam os temporale  dan membentuk kurva yang condong ke atas dan ke bawah. Fungsinya sebagai buffer terhadap perubahan kelembaban dan temperatur yang dapat mengganggu elastisitas membran timpani.

2.        Telinga tengah
Telinga tengah adalah rongga yang berisi udara dalam tulang temporal yang terdiri dari:
a.        Membran timpani (gendang telinga), membentang sampai bagian akhir saluran telinga, Terdiri dari jaringan fibrosa elastic berbentuk bundar dan cekung dari luar dan akan bergetar ketika gelombang suara melaluinya. Getaran ini akan diteruskan menuju ketiga tulang pendengaran.
b.        Tulang pendengaran terdiri dari: meleus inkus dan stapes. Stapes kemudian menghantarkan getaran ketelinga dlam yang terisi oleh cairan pada fenesta vestubuli. Fungsi ke tiga tulang ini adalah menurunkan amplitudo getaran yang diterima dari membran tympani dan meneruskannya ke jendela oval.
c.         Tuba eustachi Bermula dari ruang tympani ke arah bawah sampai nasofaring Struktur mukosanya merupakan kelanjutan dari mukosa nasofaring Tuba dapat tertutup pada kondisi peningkatan tekanan secara mendadak. Tuba ini terbuka saat menelan dan bersin Berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara di luar tubuh dengan di dalam telinga tengah.

3.        Telinga Dalam
Telinga dalam merupakan suatu rongga yang disebut labirin berdinding tulang (maze), yang dilapisi oleh membrane yang disebut membranosa labirin. Perilimf adalah cairan yang terdapat di antara tulang dan membran, dan edolimf adalah cairan yang terdapat di dalam struktur membrane didalam telinga dalam. Struktur-struktur tersebut adalah koklaea yang terkait erat dengan pendengaran dan utrikuklus, sakulus dan kanalis semisirkularis, yang semuanya berfunsi untuk mempertahankan keequlibrium.
 



                                                                                              
a.         Koklea, Koklea adalah berbentuk seperi rumah keong dengan struktur dua setengah putaran.
b.        Utrikulus dan sakulus adalah kantong membranosa disuatu daerah yang disebut vestibulum yang terletak di antera koklea dan kanalis semisirkularis.
c.         Kanalis Semi Sirkularis adalah membrane lonjong yang berisi cairan yang  terdiri dari 3 duktus semiserkular, masing-masing berujung pada ampula.Pada ampula terdapat sel rambut, krista dan kupula Berkaitan dengan sistem keseimbangan tubuh dalam hal rotasi.

Secara ringkas, proses mendengar melibatkan transmisi getaran dan menghasilkan impuls saraf. Ketika gelombang suara memasuki saluran telinga, getaran dihantar  oleh urutan struktur berikut: gendang telinga, meleus, inkus, stepaes, fenestra vestubuli pada telinga dalam, perimlf dan endolimf yang terdapat di koklea dan sel rambut organ kortil.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang diharapkan membangun bagi penulis, semoga bermanfaat