google adsense

Tuesday, September 16, 2014

DEFISIT PERAWATAN KUKU KAKI DAN TANGAN

DEFISIT PERAWATAN KUKU KAKI DAN TANGAN
Masalah –masalah yang timbul akibat kurang nya perawatan kuku kaki dan tangan :
1.      Ingrown nail (kuku tumbuh kedalam)
a.       Definisi Ingrown nail
Sebuah kuku menjadi tumbuh ke dalam ketika tepi kuku atau kuku tumbuh ke dalam kulit disebelahnya .jempol kaki adalah tempat yang paling dalam untuk mengembangkan kuku tumbuh kedalam.
b.      Penyebab Ingrown nail
1)      Sepatu ketat atau kaus kaki .ini termasuk jari kaki menunjuk kekanan,sepatu hak tinggi atau sepatu yang orang banyak atau memberikan tekanan pada jari kaki.ini juga termasuk ketat selang atau kaus kaki yang mendorong kuku kaki ke jari kaki.
2)      Pemangkasan kuku salah.ini  menyebabkan kuku tumbuh kedalam dengan memotong kuku terlalu pendek atau dengan pembulatan tepi.
3)      Cedera . anda bisa mendapatkan kuku kaki yang tumbuh kedalam dari melakukan olahraga atau kegiatan yang kemacetan jari kaki kedalam sepatu anda.anda bisa mendapatkan nya dari mematikan jari-jari kaki atau dari merobek kuku anada
4)      Cara kuku secara alami tumbuh .orang dengan kuku yang sangat tebal melengkung atau memiliki lebih banyak masalah dengan kuku tumbuh kedalam. Orang yang kulit nya disisi kuku alami overrows mendapatkan kuku tumbuh kedalam lebih sering
5)      Faktor-faktor lain. Yang kaki nya berkeringat banyak ,yang berlebihan berat badan atau yang memiliki kebersihan yang buruk bisa mendapatkan kuku tumbuh kedalam.kebersihan yang buruk berarti tidak menjaga kuku bersih,kering, dan di pangkas dengan benar.
2.      Paronychia
a.       Definisi
Infeksi pada kulit disekitar kuku jari tangan atau kuku jari kaki.paronychia biasanya akut.,tetapi kasus kronis bisa terjadi. Pada paronychia akut, bakteri (biasanya stahylococcus aureus atau streptococci) masuk melalui robekan pada kulit diakibat kan dari bintil kuku,trauma pada lapisan kuku ( lapisan pada kulit keras yang tum[pang tindih disisi kuku), hilangnya kutikula, atau iritasi kronis ( seperti dari air dan detergent). paronychia lebih  umum pada orang yang menggit atau menghisap jari-jari . pada kaki,infeksi seringkali mulai pada jari kaki yang tumbuh kedalam.
b.      Penyebab
1)      Acute paronychia ( paranokia akut)
Jenis ini biasanya disebabkan oleh trauma yang diikuti dengan masuk nya mikro-organisme ke dalam jaringan kulit ,kemudian menimbulkan infeksi.
2)      Chronic paronychia (paranokia kronis)
Paranokia kronis pada umumnya disebabkan oleh infeksi jamur, terutama candida albicans (kandida). Kadang disebabkan oleh infeksi mycobacterial ,virus, iritasi bahan kimia dan penyakit ikutan dari penyakit lain.
c.       Gejala
Kulit tampak merah dan membengkak, bisa disertai lepuhan-lepuhan yang berisi nanah (teritama jika penyebabnya adalah bakteri).,kuku memiliki ruang yang terbatas , karena itu infeksi cenderung menimbulkan nyeri.kuku bisa menagalami perubahan warna ,bentuk atau terlepas dari bantalannya.
3.      Rams horn nail
a.  definisi
gangguan yang menyebabkan kuku (biasanya kuku kaki ) menjadi tebal dan melengkung .ini terutama mempengaruhi orang-orang tua dan diduga ditularkan secara genetik.
b.penyebab
 jika matriks luka menjadi terinfeksi jaringan dibawah nya memburuk. Kuku menjadi  tebal, tumbuh dari dasar kuku berubah warna menjadi coklat dan warna.kemudian mulai tumbuh lebih cepat di satu sisi dan menjadi sulit untuk dipotong, pada tahap ini ,tekanan apapun diterapkan pada kuku menebal akan menyebabkan rasa nyeri yang hebat , dan dapat berdampak jari kaki sebelah dan kuku.
4.      Bau tidak sedap
Kaki menanggung seluruh berat tubuh ,tapi menjadi bagian yang paling jarang mendapat perhatian khusus ,kaki yang tidak pernah dirawat dapat menimbulkan bau tak sedap.
5.      Kalus
Bagian yang mengeras dari epidermis terdiri dari massa sel tanduk dan keratotik. klaus biadanya datar,tidak berasda nyeri, dan ditemukan dibawah permkaan kaki atau telapak tangan. Masalah disebabkan oleh friksi atau tekanan local.
6.      Katimumul
Katimumul disebabkan friksi dan tekanan dari sepatu.Hal ini terlihat dengan jelas pada jari kaki, diatas penonjolan tulang. Katimumul biasanya berbentuk kerucut, bulat, dan naik.
7.      Kutil Pada kaki
Luka yang menjamur terlihat pada tumit kaki dan disebabkan oleh virus papiloma
8.      Infeksi jamur kaki (Tinea Pedis)
Tinea pedis adalah infeksi jamur pada kaki,ketidaksamaan sisi dan keretakan kulit terjadi antara jari dan tumit kaki. Kaki yang melepuh kecil berisi cairan dapat terlihat. Masalah disebabkan pemakaian alas kaki yang ketat.
 9.      Kuku tanduk ram (Ram Horn Nail)
Yaitu kuku kaki yang meliuk panjang
10.  Paronisia ( Paronychia)

Inflamasi jaringan sekitar jari terjadi setelah bintil kuku atau cidera lain. Ini terjadi pada orang yang tangannya sering berada diair dan umumnya klien diabetes.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang diharapkan membangun bagi penulis, semoga bermanfaat