Kamis, 23 Februari 2012

EVALUASI keperawatan

1.      pengertian
a. Evaluasi merupakan penilaian terhadap sejumlah informasi yang diberikan untuk tujuan yang telah ditetapkan ( potter& perry, 2005).
b. Evaluasi diartikan sebagai : selalu menjaga suatu tujuan ketika muncul hal-hal baru dan memerlukan penyesuaian perencanaan ( Steven, F., 2000)
2. tujuan evaluasi
a. Menilai apakah perawatan sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien dan perawat, dengan mengadakan  evaluasi selama proses perawatan, sehingga dapat melakukan penyesuaian tepat pada waktunya.
b. Menilai apakah perawatan sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien dan perawat, dengan mengadakan  evaluasi selama proses perawatan, sehingga dapat melakukan penyesuaian tepat pada waktunya.
3. komponen evaluasi
a. Mengumpulkan data yang berhubungan. Perawat mengumpulkan data sehingga dapat di tarik kesimpulan tentang apakah tujuan telah terpenuhi.Hal ini biasanya diperlakukan untuk mengumpulkan data baik baik subjektif maupun objektif.
b. membandingkan data dengan hasil. Perawat dank lien berperan aktif dalam membandingkan respon klien dengan hasil yang di inginkan, misalnya apakah klien berjalan tanpa bantuan.
c. menghubungkan aktivitas dengan hasil. Tindakan yang di lakukan perawat harus berorientasi pada hasil dan di terima oleh pasien.
d. menggambarkan kesimpulan tentang masalah. perawat menggunakan penilaian tentang pencapaian tujuan apakah rencana perawatan efektif dalam menyelesaikan masalah klien selanjutnya di tarik satu kesimpulan dari masalah klien
4. ukuran pencapaian tujuan
a. masah terasi, yaitu jika klien menunjukkan perubahan sesuai dengan tujuan dan kriteria hasil yang telah di tetapkan.
b. maslah sebagian teratasi, yaitu jika klien menunjukkan perubahan sebagian dan kriteria hasil yang telah ditetapkan.
c. masalah tidak teratasi, yaitu jika klien tidak menunjukkan perubahan dan kemajuan sama sekali yang sesuai dengan tujuan dan kriteria hasil yang yelah ditetapkan.
Untuk penentuan masalah teratasi, teratasi sebahagian, atau tidak teratasi adalah dengan cara membandingkan antara SOAP dengan tujuan dan kriteria hasil yang telah ditetapkan. Subjective adalah informasi berupa ungkapan yang didapat dari klien setelah tindakan diberikan.Objective adalah informasi yang didapat berupa hasil pengamatan, penilaian, pengukuran yang dilakukan oleh perawat setelah tindakan dilakukan.Analisis adalah membandingkan antara informasi subjective dan objective dengan tujuan dan kriteria hasil, kemudian diambil kesimpulan bahwa masalah teratasi, teratasi sebahagian, atau tidak teratasi. Planning adalah rencana keperawatan lanjutan yang akan dilakukan berdasarkan hasil analisa.

1 komentar:

jangan lupa tinggalkan jejakk yaa...